Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
Rabu, 10 November 2010

Teknik Passing Atas Pada Bola Voli

Diposting oleh Januariz Blog

   Yang dimaksud dengan passing dalam permainan bola voli adalah mengambil bola atau mengoperkan bola atau mengumpan bola kepada teman, tapi bila ada kesempatan yang baik, langsung di teruskan kepada lawan ,Untuk melakukan passing ada dua cara yaitu :

1. Passing tangan atas (over hand pass)

Passing atas merupakan elemen yang penting, dalam permainan bola voli. Penguasaan tekhnik passing atas yang baik akan menentukan keberhasilan regu untuk membantu serangan yang baik. Apalagi jika dilakukan secara bervariasi, maka seluruh potensi penyerangan regu dapat dimanfaatkan. Proses pelaksanaan gerakan passing atas adalah sebagai berikut:


a. Sikap permulaan
Ambil posisi dengan sikap siap untuk memainkan bola berdiri dengan kedua kaki terbuka selebar bahu, salah satu kaki berada di depan berat badan bertumpu pada tapak kaki bagian depan, lutut ditekuk dengan badan merendah,, tempatkan badan secepat mungkin di bawah bola,dengan kedua langan diangkat dan di tekuk,kedua tangan terbuka lebar jari-jari tangan terbuka membentuk mangkok seperti setengah lingkaan ibu jari dan tulunjuk membentuk segi tiga ,kedua siku tidak terlalu terbuka ke samping .


Gambar 1. Sikap Permulaan Passing Atas


b. Cara Pelaksanaan 

Tepat saat bola berada di atas, kedua tangan agak ditekuk pada siku maupun pergelangan tangan, tangan berada sedikit diatas dahi,. Perkenaan bola pada permukaan ruas jari-jari tangan terutama ruas pertama dan kedua, dan yang dominant mendorong bola adalah ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah,. Pada saat tangan bersentuhan bola jari-jari agak ditegangkan agar bola dapat memantul dengan baik kemudian bola didorong dengan menggerakkan pergelangan tangan diikuti dengan meluruskan siku .



Gambar 2. Posisi Siap Dengan Bola



Gambar 3. Posisi Tangan Pada Passing Atas



Gambar 4. Cara Pelaksanaan Passing Atas
Video
Bersambung........

         


      2 komentar:

      Unknown mengatakan...
      Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
      Unknown mengatakan...
      Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Posting Komentar